Pipa PDAM di Telen Menunggu Pembangunan Jembatan

Selasa, 26 Februari 2019

Humas & Protokol

Umum

Dibaca: 222 kali

SANGATTA-Usulan air bersih Kecamatan Telen banyak datang dari Desa yang berlokasi di seberang sungai. Solusinya koneksi pipa yang menyeberang sungai membutuhkan jembatan sebagai penompangnya.

Pejabat sementara (Pjs) Direktur PDAM Kutim Suparjan, ST mengatakan jika sudah terbangun jembatan, pipa dapat dibangun bersebelahan jembatan. Lebih aman ketimbang jika dibuat melewati dasar sungai. Mudah saat perbaikan hingga kontrol perawatan.

"Pipa didasar sungai perawatan yang susah. Jika ada kebocoran akan sulit dilas," ujarnya saat menanggapi usulan Para Kepala Desa di Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Marah Haloq, Kecamatan Telen, Jumat (22/2).

Kemudian, jaringan yang diusulkan oleh sejumlah Kepala Desa seperti di Desa Rantau Panjang sekitar 3-4 kilometer (Km). Adapun terkait pengolahan air minum desa (PAMdes) yang telah terbangun tidak dikelola dari PDAM Kutim.

"Untuk pengelola PAMdes bukan dari PDAM Kutim. Biasanya dikelola pemerintah desa atau bumdes," ungkapnya.

Acara yang dihadiri Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Kepala Bappeda M Edward Azran, anggota DPRD serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah(OPD) diawali dengan penyampaian usulan dari para kepala desa. Dari tujuh desa, tiga diantaranya mengusulkan koneksi jaringan pipa PDAM. Seperti Desa Muara Pantun, Long Melah dan Rantau Panjang.

"Kami minta ada jaringan PLN dan pipanisasi PDAM. Pemantangan jalan untuk dua fasilitas ini telah kami kerjakan lewat Dana Desa (DD)," ungkap Kepala Desa Rantau Panjang Suprianto.

Diinfokan Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Kapasitas Usaha Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (PMPD) Wenadianto bahwa di tahun ini akan ada bantuan untuk kebutuhan air bersih.

"Desa Long Noran tahun ini ada pembangunan Pamdes. Sedangkan untuk usulan pengadaan mobil ambulan bisa melalui penyertaan modal bumdes dengan judul mobil bumdes," bebernya.(HumasPDAM)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas