Kendala Pencatat Meter Air di Lapangan

Kamis, 14 Maret 2019

Humas & Protokol

Umum

Dibaca: 248 kali

SANGATTA-Pencatat Meter (cater) air bertugas mencatat pemakaian air di rumah pelanggan setiap bulannya. Mencatat ribuan water meter tentu ada saja rintangannya. Menghadapinya tidak cukup hanya dengan kondisi tubuh yang prima, meski didukung dengan ketekunan dan sifat sabar.

Cater PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur Zakaria mengungkapkan kendala yang dihadapi saat mencatat meter beragam. Tergantung wilayah dan areanya. Namun yang rutin ditemukan adalah mencatat di rumah dengan pagar terkunci. Ada juga posisi meteran tersembunyi didalam rumah dan dibawah kolong rumah. Butuh kerja extra mengambil data pemakaian airnya.

“Pagar terkunci, besok kita balik lagi. Kalau ngak ketemu yang punya rumah, ya terpaksa dipanjat pagarnya,” tutur jaka yang menangani 1.394 pelanggan di wilayah Gang Sukarela hingga Jalan APT Pranoto ini.

Kemudian, sukarnya lagi saat mendapati rumah pelanggan dengan anjing penjaga. Cater harus menyelakan waktu, menunggu pemiliknya mengamankan hewan peliharannya.  

“Beda anjing yang bebas berkeliaran dengan yang dirumah saja. Kebanyak lebih agresif. Jadi demi keamanan kita minta pemiliknya mengamankan dulu,” kata pria yang telah mengabdi sejak 2012 ini.

Cater di PDAM Tirta Tuah Benua Kutim berjalan berdasarkan peraturan dan  Standard Operasional Prosedur. Contohnya Rute Baca Meter (RBM) yang telah disesuaikan dengan kondisi lokasi pelanggan. Hal itu bertujuan memudahkan petugas mengontrol pembacaan dan pencatatan meter. Menekan risiko pelanggan tidak tercatat atau terlewati hingga 0 %.

Kepala Bagian Hubungan Langganan PDAM Cabang Sangatta Utara Sukati, S. Kel melalui Koordinator Cater Ali Ifanurudin menjelaskan masing-masing cater memiliki kendala berbeda. Dari laporan, kedua factor ini yang rutin muncul ditiap area pencatatan. Tapi kedala tersebut itu tidak boleh menghentikan proses penginputan data pemakaian air pelanggan.

 “Kita carikan solusi bersama. Terpenting data harus tersedia sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, guna menjaga dan meningkatkan pelayanan ke pelanggan,” terangnya di Ruang Kerjanya, Rabu (13/3).(HumasPDAM)

 

 

  

   

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas