SAMBUNGAN RUMAH (SR) PDAM

Selasa, 10 September 2013

Administrator

Umum

Dibaca: 5633 kali

Sambungan Rumah (SR) PDAM adalah sambungan pipa distribusi pdam menuju meteran pipa rumah tangga. Dari sumber air, bisa water treatment maupun Sumber Daya Air yangg telah diolah, dialirkan melalui PIPA TRANSMISI menuju tempat penampungan air maupun langsung mulai dipisahkan dengan pipa distribusi. Pipa transmisi ukurannya bervariasi mulai dari OD 315mm hingga OD 1600mm.

Dari pipa transmisi dilanjutkan ke PIPA DISTRIBUSI. Pipa ini, sesuai dengan namanya yaitu mendistribusinkan air keberbagai penjuru. Ukurran diameter luar (OD) pipa distribusi biasanya mulai dari 90mm hingga 250mm. Paling banyak dipakai adalah pipa OD 160 dan pipa OD 110mm.

Dari pipa distribusi inilah disambung jaringan SR yang menuju rumah tangga pelanggan. SR banyak sekali macamnya, terlebih-lebih SR PDAM / PAM yang masih merupakan SR dari perpaduan pipa besi, pipa PVC dan pipa HDPE. Hal ini disebabkan karena sosialisasi pengetahuan yang diterima PDAM sulit berkembang karena masih adanya pemakaian pipa besi dan pipa PVC. Lambat laun hal ini akan berubah seiring kesadaran masyarakat yang menuntut PDAM lebih berkualitas dalam memberikan pelayanannya. Disamping itu pertimbangan biaya juga menjadi kendala.

 

Macam SR yang ada di pasaran berdasarkan item-item yang dipakai adalah sebagai berikut:        

               

  • CLAMP SADDLE, pemakaian clamp saddle menyesuaikan dengan ukuran pipa distribusi yang dipakai. Biasanya antara  OD 110mm dan 160mm. Clamp saddle ada yang mempergunakan PVC ada juga yang mempergunakan Clamp saddle HDPE.  Jika clamp saddle HDPE maka akan dipakai ferrule cutter atau male threaded elbow (MTE).
  • Pipa HDPE yang biasa digunakan adalah OD 20mm atau 25mm. Tergantung standard PDAM masing-masing daerah.
  • Elbow Compression fitting, jika dibutuhkan. Adakalanya tidak menggunakan elbow.
  • Angle Lockable, yaitu kunci yang dapat dipergunakan untuk menutup saluran apabila pelanggan menunggak pembayaran. Angle lockable dilengkapi kunci (untuk 100pcs diberikan 1 kunci).
  • Meteran air plastik atau meteran air kuningan,  atau meteran air yang sudah menjadi standard meteran air PDAM setempat.
  • Gate valve, sebagai kontrol aliran air oleh pelanggan.
  • MTA (Male Threaded Adaptor) yang menghubungkan antara gate valve dan jaringan pipa HDPE selanjutnya.
  • TEE equal ke atas ketemu dengan FTE (Female Threaded Elbow) dan demikian pula kebawah ketemu Male Threaded Elbow yang dipasang Dop.
  • Yang keatas dari FTE akan dipasang atap kran.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas